Bahasa:
  1. ID
  2. EN
5 Penyebab Mata Bayi Belekan dan Cara Mengatasinya!
December 16, 2019

Mata bayi belekan merupakan kondisi yang cukup umum, kebanyakan kondisi ini tidak berbahaya. Namun apabila kondisi ini muncul bersamaan dengan gejala lain seperti kemerahan, pembengkakan, atau nyeri, kemungkinan kondisi ini disebabkan oleh infeksi yang membutuhkan pengobatan.

Berikut adalah berbagai penyebab mata bayi belekan yang orang tua perlu ketahui!

1. Sumbatan Saluran Air Mata

Sumbatan pada saluran air mata dapat dapat dikatakan merupakan penyebab mata bayi belekan yang paling umum.

Kondisi ini biasa disebut dengan dacryostenosis atau obstruksi saluran nasolakrimal. Saluran air mata berada di sudut mata, dekat dengan hidung. Ketika seseorang berkedip, kelopak mata menyapu cairan air mata ke saluran ini yang akan mengalirkannya ke hidung.

Apabila saluran ini tersumbat, air mata tidak dapat mengalir keluar dari permukaan mata. Kondisi ini menyebabkan mata berair dan dapat menyebabkan mata bayi belekan.

Penyumbatan saluran air mata pada bayi cukup umum terjadi, sekitar 20% bayi baru lahir mengalami ini. Kondisi ini tidak berbahaya dan bisa diatasi dengan menggunakan perawatan di rumah.

Penyumbatan pada saluran air mata dapat sembuh dalam waktu 4 hingga 6 bulan tanpa melakukan pengobatan apapun. Dokter mungkin akan merekomendasikan teknik pijatan lembut untuk membantu membuka saluran air mata.

Artikel Terkait